Tiga Doa yang Dibaca saat Sujud Terakhir dalam Sholat

Sujud merupakan salah satu rukun dalam sholat yang memiliki makna yang sangat mendalam. Saat kita sujud, kita berada dalam posisi yang paling rendah di hadapan Allah SWT, sehingga saat itulah waktu yang paling dekat antara hamba dan Tuhan-Nya. Pada saat sujud terakhir dalam sholat, terdapat tiga doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca.

1. Doa supaya diwafatkan dalam keadaan Husnul Khotimah

Dalam sujud terakhir, kita harus meminta agar diwafatkan dalam keadaan husnul khotimah karena kondisi seseorang dapat dilihat pada saat-saat terakhirnya, sehingga sangat ditekankan untuk kita supaya memiliki penutup hidup yang terbaik kelak. Berikut adalah bacaan doanya:

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ حُسْنَ الْخَاتِمَةِ 

“Allahumma inni as’aluka husnal khotimah”

Artinya : Ya Allah aku meminta kepada-Mu husnul khotimah

2. Doa agar diberikan kesempatan bertaubat sebelum wafat

Sebagai manusia yang tidak luput dari kesalahan, pastinya dalam hidup telah banyak dosa yang kita lakukan. Salah satu penggugur dosa adalah dengan bertaubat dan meminta ampunan dari Allah. Oleh karena itu, kita juga senantiasa melakukan permohonan supaya diberikan kesempatan bertaubat nasuha (taubat yang sebenar-benarnya) sebelum wafat. Berikut adalah doanya :

اَللَّهُمَّ ارْزُ قْنِي تَوْبَتًا نَّصُحَا قَبْلَ الْمَوْتَ

“Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut”

Artinya : Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha sebelum wafat

3. Doa agar hati selalu ditetapkan di atas agama-Nya

Allah adalah Dzat yang Maha membolak-balikkan hati hamba-Nya. Supaya diberi keistiqamahan, kita harus mengupayakan dengan berdoa dan menjaga amalan kita. Berikut merupakan doa yang dapat dibaca supaya diberi keistiqamahan dalam Islam :

اَللَّهُمَّ يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبْ ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ

“Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinik”

Artinya : Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-Mu

Doa waktu sujud adalah salah satu waktu terbaik dan mustajab. Ketika sujud, seseorang menunjukkan adanya kepasrahan kepada Allah sang pencipta dan pemilik kehidupan. Semoga kita selalu diberi keistiqamahan dalam Islam dan menjalankan kebaikan dengan tidak melewatkan doa pada waktu sujud.

Cek juga di instagram SMPII Al Abidin Yogyakarta : @smpiialabidinyogya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top